Mengenal Truk Hino, Penguasa Pasar Truk Medium di Indonesia
Mengenal Truk Hino, Penguasa Pasar Truk Medium di Indonesia – Membicarakan truk di Indonesia, tentu saja Hino tidak akan luput dari pembicaraan. Dengan ciri khas warna hijau muda, sepertinya hampir seluruh masyarakat Indonesia akan merujuk pada merek yang satu ini jika melihat truk berwarna hijau di jalanan.
Mungkin banyak yang sadar jika truk Hino di jalanan Indonesia ini sudah bisa dibilang menjamur berada di mana-mana. Bahkan bukan hanya di jalan raya, sampai ke pertambangan pun truk Hino ada di sana. Sadarkah kalian, jika truk Hino yang didistribusikan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ini telah menjadi market leader atau penguasa pasar untuk segmen truk medium.
Segmen truk medium ini adalah truk yang menggunakan ban truk deengan ukuran ban 10.00 20, ban 11.00 20, dan ban 11R22.5 yang biasa juga dipakai oleh beberapa jenis bus. Hino sendiri sebenarnya memiliki beberapa segmen, bukan hanya truk ukuran medium. Bahkan, Hino juga memiliki produk bus dengan berbagai ukuran. Namun pada artikel kali ini, Tiberman akan mengajak kalian untuk membahas mengenai segmen truk dari Hino.
Merk Hino
Brand atau Merek Hino berasal dari Jepang, yaitu Hino Motors, Ltd. Hino ini pertama kali masuk ke tanah air pada tahun 1967 dalam bentuk bantuan 150 unit bus dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia. Jadi yang pertama kali masuk ke Indonesia malah bus, bukan truk, meskipun pada akhirnya saat ini produk unggulannya adalah truk medium.
Hino dalam bentuk perusahaan baru terbentuk pada tahun 1982 dengan nama PT. Hino Indonesia Manufacturing yang merupakan joint venture atau perusahaan hasil patungan antara Hino Motors, Ltd. 30%, Sumitomo Corporation 30%, dan Indomobil Group 40%. Melalui perusahaan HIM inilah pertama kalinya truk Hino diproduksi di Indonesia 3 tahun setelahnya, 1985. Seiring berjalannya waktu, Hino berkembang dengan semakin banyak memproduksi truk untuk konsumen di Indonesia. Bahkan, Hino juga ikut merasakan krisis moneter dan berhenti memproduksi. Hingga pada tahun 2002, bersamaan dengan 20 tahun HIM berdiri, diluncurkanlah Hino Dutro bersamaan dengan truk Dyna dari Toyota.
Setahun setelahnya, pada tahun 2003, ada restrukturisasi pada HIM menjadi 2 perusahaan. Yang pertama adalah PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) yang menjadi tempat diproduksinya truk Hino di Indonesia. Kemudian yang kedua adalah PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang menjadi distributor seluruh kendaraan dan suku cadang merek Hino berserta layanan purna jual atau after sales. Mulai dari sini, Hino semakin menguasai pasar truk medium dengan berbagai inovasi barunya yang terus diluncurkan hingga saat ini.
Source : Tiberman.com